Nama Bahasa Daerah di Provinsi Sumatra (26 Bahasa)

Berdasarkan data Jumlah Bahasa Daerah di Indonesia Resmi dari Badan Bahasa Kemendikbud, wilayah pulau Sumatra punya 26 bahasa daerah. Wilayah pulau Sumatra punya 10 provinsi.

Kesepuluh provinsi itu adalah Banda Aceh-Aceh, Medan-Sumatera Utara, Padang-Sumatera Barat, Bengkulu-Bengkulu, Pekanbaru-Riau, Tanjung-Pinang-Kepulauan Riau, Jambi-Jambi, Palembang-Sumatera Selatan, Bandar Lampung-Lampung, dan Pangkal Pinang-Kepulauan Bangka Belitung.

Nama-Nama Bahasa Daerah yang Ada di Sumatra

Provinsi Nama Bahasa Daerah
Aceh Aceh, Devayan, Gayo, Sigulai, Jawa, Batak, dan Minangkabau
Sumatera Utara Jawa, Batak, Minangkabau, Nias, dan Melayu
Riau Batak, Banjar, Minangkabau, Bugis, dan Melayu
Sumatera Barat Batak, Minangkabau, dan Mentawai
Kepulauan Riau Banjar dan Melayu
Kep. Bangka Belitung Kayu Agung dan Melayu
Jambi Jawa, Minangkabau, Bajau Tungkal Satu, Kerinci, Banjar, Bugis, dan Melayu
Sumatera Selatan Jawa, Komering, Lematang, Ogan, Pedamaran, Kayu Agung, dan Melayu
Bengkulu Jawa, Minangkabau, Bengkulu, Enggano, Rejang, dan Sunda
Lampung Jawa, Sunda, Basemah, Lampung, Bali, dan Bugis

Kalau dilihat tabel bahasa daerah di wilayah pulau Sumatra di atas, beberapa bahasa daerah Indonesia ada di beberapa provinsi.

Aceh, Jambi, dan Sumatra Selatan Paling Banyak Punya Bahasa Daerah

Ketiga provinsi ini semuanya punya 7 bahasa daerah. Bahasa Jawa ada di ketiga provinsi ini. Sedangkan provinsi di Sumatra yang paling sedikit memiliki bahasa daerah adalah Kepulauan Riau. Hanya ada dua. Cuma memang, bahasa Melayu di Riau sangat kental sekali. Bahasa daerah yang diangkat menjadi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Bahasa Minangkabau Ada di 5 Provinsi

Bahasa Minangkabau, bahasa Padang, atau bahasa Minang ternyata muncul di lima provinsi di pulau Sumatra. Bahasa Minang ada di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Selain bahasa Minangkabau, bahas Jawa juga ada di banyak provinsi di Indonesia. Untuk di Sumatra, bahasa Jawa ada di 6 provinsi. Enam provinsi itu Aceh, Sumatra Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, dan Lampung.

Bahasa Melayu Ada di 6 Provinsi Sumatra

Menariknya, bahasa daerah Melayu tidak ada di Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, dan Lampung. Sisanya, bahasa Melayu dianggap ada di Sumatera Utara, Riau, Kepri atau Kepulauan Riau, Babel atau Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Bahasa Basemah Semestinya Sumatera Selatan

Sebelumnya pernah membantu membuat kamus bahasa Basemah. Bahasa Basemah dalam kamus itu dikategorikan sebagai bahasa di provinsi Sumatera Selatan. Bukan Lampung. Atau mungkin bahasa Basemah juga dikategorikan sebagai bahasa Lampung juga. Entahlah.

Sumber: petabahasa.kemdikbud.go.id/databahasa.php#11