Bahasa Daerah di Pulau Jawa Ada 10 Dari 668 Bahasa

Indonesia punya 750 bahasa daerah. Topik ini akan membuat daftar bahasa daerah yang ada di Pulau Jawa. Diurut berdasarkan provinsi di Pulau Jawa.

Nama-nama bahasa daerah Indonesia ini resmi dari data Kemendikbud. Jika mencari nama-nama bahasa daerah di Sumatra bisa lihat di kiriman sebelumnya di Nama Bahasa Daerah di Provinsi Sumatra (26 Bahasa).

Bahasa di Jawa Ada 10 Bahasa Daerah

Menurut saya ini agak terlalu sedikit. Mengingat hampir 1/3 populasi penduduk Indonesia ada di Pulau Jawa. Dibandingkan Sumatra yang dua kali lipat. Apalagi Papua. Lebih banyak.

Sepuluh Bahasa Daerah di Jawa Secara Afabetis

  1. Bajo
  2. Bali
  3. Bugis
  4. Jawa
  5. Lampung Cikoneng
  6. Madura
  7. Mandarin DKI Jakarta
  8. Melayu
  9. Sasak Bali
  10. Sunda

Sebenarnya, di luar versi resmi kemendikbud, masih ada lagi. Misalnya saja, mungkin bahasa Sunda ada beberapa versi. Mungkin versi sunda halus atau sunda kasar. Kalau saya perhatikan juga, Bahasa Tegal juga sedikit unik dialeknya.

Bahasa Daerah di Jawa Lengkap Beserta Wilayah dan Provinsinya

Satu bahasa daerah mencangkup beberapa wilayah di Indonesia. Mungkin saja dalam satu provinsi memiliki beberapa bahasa daerah.

No. Bahasa Wilayah Provinsi
1 Bajo Jawa dan Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur
2 Bali Sumatra, Jawa dan Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat
3 Bugis Sumatra, Jawa dan Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat Riau, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat
4 Jawa Sumatra, Jawa dan Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat
5 Lampung Cikoneng Jawa dan Bali Banten
6 Madura Jawa dan Bali, Nusa Tenggara Barat Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat
7 Mandarin DKI Jakarta Jawa dan Bali DKI Jakarta
8 Melayu Sumatra, Jawa dan Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Sumatra Utara, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua
9 Sasak Bali Jawa dan Bali Bali
10 Sunda Sumatra, Jawa dan Bali, Sulawesi Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Sulawesi Tenggara

Baru sadar, ternyata tidak ada Bahasa Betawi di sini. Padahal Bahasa Betawi ada di Jakarta. DKI Jakarta hanya mencantumkan Bahasa Jawa dan Bahasa Bali yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

Bahasa Daerah yang Paling Banyak Dipakai Jawa dan Melayu

Ada dua bahasa daerah Indonesia yang paling banyak di pakai di Pulau Jawa. Dua bahasa daerah itu adalah Bahasa Jawa dan Melayu. Bahasa Jawa dipakai di 16 provinsi indonesia. Sedangkan Bahasa Melayu juga dipakai di 16 provinsi Indonesia.

Bahasa Daerah Khusus Provinsi Jawa

Tabel di atas masih campur. Dalam satu bahasa daerah disebutkan di beberapa provinsi. Tabel di bawah hanya fokus pada bahasa daerah yang ada di Jawa.

No. Bahasa Daerah Provinsi di Jawa
1 Bajo Jawa Timur
2 Bali Wilayah Jawa
3 Bugis DKI Jakarta
4 Jawa Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Banten
5 Lampung Cikoneng Banten
6 Madura Jawa Timur
7 Mandarin DKI Jakarta DKI Jakarta
8 Melayu DKI Jakarta
9 Sasak Bali Wilayah Jawa
10 Sunda DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten

Bahasa Daerah di Provinsi Jawa

Kemudian data bahasa daerah ini diolah. Supaya bisa membuat daftar bahasa daerah di wilayah Jawa atau Pulau Jawa. Berikuti ini berdasarkan urut provinsi di Jawa.

No. Provinsi di Jawa Bahasa Daerah
1 Banten Lampung Cikoneng, Sunda, Jawa
2 DKI Jakarta Mandarin DKI Jakarta, Melayu, Sunda, Bugis
3 Jawa Barat Jawa, Sunda
4 Jawa Tengah Jawa, Sunda
5 Daerah Istimewa Yogyakarta Jawa
6 Jawa Timur Bajo, Jawa, Madura

Sebagai catatan. bahasa Bali dan Sasak Bali juga ada di Pulau Jawa. Hanya saja tidak diketahui ada di provinsi mana.

Semoga bermanfaat. Bisa tinggalkan komentar jika tertarik ingin menambahkan.

Sumber: Olahan dari petabahasa.kemdikbud.go.id/databahasa.php#11

1 Like