Ketika Ilmu Filsafat Bertemu Dengan Ilmu Wacana ILC 5/2/2019

Semalam tidak bisa tidur. Jadilah buka YouTube. Sebelumnya sempat lihat judul Indonesia Lawyers Club atau ILC di beranda YouTube. Bahasannya soal Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE. Tadinya penasaran ingin tahu lebih jauh mengenai UU ITE. Jelas ada hubungannya dengan ini.

Rupanya pembahasan di rekaman YouTube ILC Selasa, 5 Februari 2019 di tvOne itu terkait soal Ahmad Dhani dan Buni Yani. Judul daftar putar ILC itu Yang Terjerat UU ITE: Buni Yani, Ahmad Dhani, Siapa Lagi? - 5 Februari 2019. Ada 13 video.

Ketika%20Ilmu%20Filsafat%20Bertemu%20Dengan%20Ilmu%20Wacana%20Facebook%20Post

Ilmu Filsafat vs Ilmu Analisis Wacana

Saya sempat masuk kelas filsafat. Kurang dari 10 kelas. Ilmu wacana juga. Tepatnya analisis wacana kritis (AWK) atau critical discourse analysis (CDA). Satu semester. Malah dua mata kuliah ini diajar oleh satu profesor yang sama.

Awalnya tidak tertarik melihat bagian DEBAT!! Jack Lapian & Akbar Faizal vs Fadli Zon & Rocky Gerung di ILC (5/2/2019). Video pertama langsung ke penjelasan UU ITE Prof. Andi Hamzah. Tampaknya itu bagian akhir acara. Berharap dapat kuliah gratis 15 menit soal UU ITE.

Selesai menyimak pemaparan UU ITE penasaran juga dengan jalan cerita gelar wicara itu (talk show). Pindah juga ke bagian Bapak Rocky Gerung (RG) yang dikenal dengan ahli filsafat.

Kata Fiksi yang Bikin Panjang

Gara-gara pak RG menyampaikansoal kata Fiksi sekitar setahun yang lalu, jadi panjang sampai 2019.


Video DEBAT!! Jack Lapian & Akbar Faizal vs Fadli Zon & Rocky Gerung di ILC (5/2/2019) ILC YouTube

Kelebihan Bapak Rocky

Bapak Akbar Faisal (AF) mengakui pak Rocky cerdas. Perhatikan kata pengantar di video di atas. Cerdasnya bapak Rocky, beliau tidak menyebutkan nama agama. Titik kritisnya ada di sini. Pak Faisal juga mengakui itu. Coba langsung lompat ke menit 2 pada detik ke-20 hingga ke detik 45.

Bapak Faisal Pakai Analisis Wacana

Karena acara itu membahas Ahmad Dhani, pak Faisal menjelaskan pakai teori analisis wacana. Menit 8 Detik 10. Memang benar, analisis wacana tidak ditujukan ke RG. Cuma buat saya yang menonton rekaman acara itu, langsung paham kalau analisis wacana (kritis) itu secara tidak langsung mengarah ke pak RG. Tidak heran pak AF langsung memotong penjelasan pak RG ketika itu.


Akbar Faizal: Jagalah Lidahmu, Sebab Lidah Sering Mengiris-iris ILC YouTube Selasa, 5 Februari 2019

Bahasa, Filsafat, dan Hukum

Acara ILC lebih spesifik ke dunia hukum. Menariknya, ada dua ilmu yang bertemu. Ilmu Bahasa dan Filsafat di acara Hukum. Itu pula yang mendorong saya kenapa membangun Bahasawan.id. Bahasa tidak sekadar hanya soal bisa bahasa Inggris saja. Ini adalah topik pembuka pertama sebagai Daftar 100 Topik Pertama Bahasawan, menuju Bahasawan 100.

:warning: Tidak ada kata p0l1tik di sini. Bahasawan dibangun bukan untuk berdebat. Memang topik ini riskan ke arah itu. Tapi pastikan hindari perdebatan dan p0l1tik. Fokus di sisi bahasanya.
Staf atau abdi sekali pun, tidak boleh berdebat. Jika topik pembuka ini lebih banyak buruknya atau mendapatkan respon negatif, jelas akan ditutup.