Cara Jadi Penerjemah Bersertifikat 2019 Acara HPI Jakarta

Mohon maaf kalau judul topik ini sedikit menyimpang. Kalau menggunakan judul asli acaranya, mungkin tidak langsung dimengerti bagi yang belum tahu istilah TSN, Tes Sertifikasi Nasional. Malah mungkin penerjemah tersumpah yang lebih populer. Seperti pencarian informasi mengenai bagaimana cara jadi penerjemah tersumpah tahun 2019.

Ujian untuk menjadi penerjemah tersumpah atau sworn translator sudah tidak ada beberapa tahun belakangan ini. Sekarang adanya, certified translator atau penerjemah bersertifikat. Ujian untuk mendapatkan gelar penerjemah bersertifikat diselenggarakan oleh HPI, Himpunan Penerjemah Indonesia.

Jadi, jika ingin menjadi penerjemah bersertifikat, harus lulus mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh HPI. Ujian ini dilaksanakan setahun sekali. Biasanya di kuartal ketiga.

Berikut ini informasi acara bagaimana cara menjadi penerjemah bersertifikat 2019 sebagai topik pertama Bahasawan kategori Acara.

Penyerahan Sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) 2018 dan Gelar Wicara TSN HPI Penerjemah dan Juru Bahasa 2019

Pada tahun 2019 ini, Komite Kompetensi dan Sertifikasi (KKS) Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) kembali akan menyelenggarakan Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang akan mencakup bidang Penerjemahan dan Penjurubahasaan. Untuk itu, HPI mengundang semua anggota HPI yang tertarik mengikuti atau ingin mengetahui hal-hal seputar TSN secara lebih lengkap untuk hadir dalam acara Gelar Wicara TSN HPI Penerjemah dan Juru Bahasa Tahun 2019 serta menyaksikan langsung Penyerahan Sertifikat TSN HPI 2018 bagi mereka yang telah dinyatakan lulus TSN HPI 2018.

Acara Gelar Wicara ini menghadirkan narasumber dari KKS HPI yang akan berbagi aneka informasi terkait TSN HPI 2019 bidang Penerjemahan dan Penjurubahasaan, serta anggota Dewan Penasihat dan Kepatuhan HPI yang akan memaparkan topik tentang Kode Etik dan Integritas Penerjemah dan Juru Bahasa. Bersamaan dengan acara Gelar Wicara ini, perayaan ulang tahun HPI ke-45 akan dilangsungkan oleh semua anggota HPI yang hadir dalam kesempatan yang berbahagia ini.

Rangkaian acara tersebut akan diselenggarakan sebagai berikut:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 9 Maret 2019

  • Waktu: Pukul 09.00 – 13.00 WIB

  • Tempat:
    Aula Gedung Samudra Lt 2
    Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
    Jl Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur

  • Narasumber:

    1. Prof. Dr. Rahayu Surtiati (Anggota Dewan Penasihat dan Kepatuhan HPI)
    2. Dr. Sugeng Hariyanto (Anggota KKS HPI)
    3. Dr. Grace Wiradisastra (Lembaga Bahasa Internasional – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia)
    4. Dr. Danny Susanto (Ketua Umum AICI/Perkumpulan Juru Bahasa Konferensi Indonesia)
  • Moderator: Wahyu Adi Putra Ginting (Ketua Komisariat Daerah HPI DIY-Jawa Tengah)

  • Pendaftaran:

    1. Hubungi Sekretariat HPI melalui nomor telepon 0878-0900-0041 atau 021-7514548 dan sekretariat @ hpi . or . id
    2. Uang penggganti konsumsi sebesar Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah)
    3. Kirim bukti transfer pembayaran kepada Sekretariat HPI melalui email.
    4. Pendaftaran akan ditutup pada 8 Maret 2019 pukul 23.59 WIB.
  • Rekening pembayaran:
    Bank Mandiri KCP Jakarta Sabang
    Nomor Rekening: 103-00-0703952-8

Sumber Informasi: https://www.hpi.or.id/penyerahan-sertifikat-tes-sertifikasi-nasional-tsn-himpunan-penerjemah-indonesia-hpi-2018-gelar-wicara-tsn-hpi-penerjemah-dan-juru-bahasa-2019

Acara ini tentu saja cocok bagi yang sudah siap ikut ujian sertifikasi penerjemah. Bagi yang berminat ikut acara ini, langsung saja menghubungi informasi kontak yang ada di atas. Kategori Acara di Bahasawan, ditujukan untuk menyebarkan ulang informasi acara-acara yang terkait dengan dunia bahasa. Agar acara yang diadakan lebih semarak. :tada:

This topic was automatically closed 100 days after the last reply. New replies are no longer allowed.