Tulisan Tangan Para Tokoh Terkenal Untuk Kesembuhan Ibu Ani Yudhoyono

Bingung sendiri mau ditaruh mana kategori ini. Masak iya perlu dibuat kategori lain. Kategori “tulisan tangan”. Memang ada ilmu tulisan tangan. Namanya grafologi. Karakter seseorang bisa dibaca pakai ilmu itu. Jadinya taruh di kategori ini saja dulu.

Zaman sekarang terkesan kalau menulis pakai tangan itu jarang dilakukan. Padahal kalau listrik mati, terpaksa menulis pakai tangan.

Dengan kondisi sekarang, tentu tidak mudah mengetahui tulisan tangan orang-orang penting. Ini ada tujuh tulisan tangan dari tokoh publik yang terkenal.

Semua tulisan tangan ini isinya mendoakan kesembuhan ibu Ani Yudhoyono. Istri presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY

Ibu Ani Yudhoyono Cepat Sembuh ya…

Tulisan tangan ini diambil dari kiriman Instagram ibu Ani, 9 Feb 2019. Ibu Ani mengucapkan terima kasih atas perhatian dan doa tulus untuk kesembuhan beliau. Sebelum ucapan terima kasih itu, beberapa foto karangan bunga ditampilkan terlebih dahulu.


Instagram Ibu Ani Yudhoyono 9 Februari 2019 https://www.instagram.com/p/BtphtY7B57S/

Ada 10 orang yang disebutkan beliau di Instagram dan ada tujuh tulisan tangan yang ditampilkan. Sepuluh nama yang disebutkan adalah:

  1. Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.
  2. Bapak PM Singapore, Lee Hsien Loong dan Ibu Ho Ching
  3. Bapak Deputy PM Singapore, Teo Chee Hean dan Ibu Chew Poh Yim.
  4. Bapak Menlu Singapore Dr. Vivian Balakhrisnan.
  5. Ibu Menlu RI, Retno Marsudi.
  6. Bapak Dubes RI untuk Singapore, Ngurah Swajaya dan Ibu Swi.
  7. Bapak Chairul Tanjung dan Ibu Anita.
  8. Bapak Kapolri, Tito Karnavian dan Ibu.
  9. Anggota DPR RI, Dr. Hinca Panjaitan XIII.
  10. Athan beserta Staf, Atpol RI di Singapura beserta Ibu.

Setelah itu ibu Ani menyampaikan ucapan terima kasih dengan doa “Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa mengabulkan dan membalas kebaikan Bapak/Ibu sekalian.”


Tulisan Tangan Bapak Jokowi, Perdana Menteri Singapura, dan Deputi PM SIngapura

Tulisan Tangan Bapak Presiden Joko Widodo

Bapak Presiden Jokowi, menulis singkat. Mudah dibaca. Pakai bahasa Indonesia. Isinya, “Doa kami semua untuk kesehatan Ibu Ani Yudhoyono-Joko Widodo dan Iriana Widodo”

Kalau dilihat, kertas yang dipakai bapak Jokowi, kertas polos. Tidak terlihat logo tertentu atau tanda presiden Republik Indonesia.

Tulisan Tangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

Agak sulit membaca tulisan pak Perdana Menteri Singapura ini, Lee Hsien Loong. Isi doa kesembuhan beliau pakai bahasa Inggris. Isinya,

7-2-19
Dear Ibu Ani,
Pak Vivian told me he had visited you this morning at RSUH. He … and I send our best wishes for your good health and full and speedy recovery.
Your Sincerely
Lee Hsien Loong

Terjemahan bahasa Indonesia tulisan tangan beliau kurang lebih:

7-2-19
Ibu Ani yth,
Pak Vivian bilang kalau pagi ini menjenguk ibu di RSUH. Dia … dan saya mendoakan agar ibu cepat sembuh seperti sedia kala.
Hormat Saya

Bagian titik itu tidak terbaca. Mungkin ada yang tahu?

Tulisan Tangan Deputi PM Singapura Teo Chee Hean

Tulisan tangan bapak Jokowi tidak tegak bersambung dan tulisan tangan bapak Lee semi tegak bersambung. Tulisan bapak Teo murni tegak bersambung.

Dear Ibu Ani,
Pow Yim and I wish you a full and speedy recovery and continued good health.
With warm best wishes.
7 Feb 2019
Teo Chee Heen & Pow Yim

Terjemahan bahasa Indonesia kurang lebih:

Ibu Ani yth,
Saya dan istri saya mendoakan agar ibu lekas sembuh sepenuhnya seperti sedia kala.
Salam hangat dan doa kami
7 Feb 2019
Teo Chee Heen & Pow Yim

Dua tokoh publik di Singapura ini menggunakan kertas khusus. Ada logo atau nama di kertas yang dipakai. Mereka juga menggunakan tanggal.


Empat Tulisan Tangan yang Lain, Termasuk Tulisan Ibu Retno

Tulisan Tangan Ibu Retno Marsudi

Tampaknya, tulisan tangan pak Jokowi dan ibu Retno hampir sama. Ucapannya, “Doa dari kami untuk kesembuhan. Dear Ibu. Retno L. P. Marsudi. Menteri Luar Negeri RI”
Ibu Retno juga pakai kertas polos. Sama dengan Pak Jokowi. Cuma ada nama jabatan beliau tertulis dan nama lengkap beliau.

Tiga tulisan tangan lainnya dari Indonesia semua. Menggunakan bahasa Indonesia.

Duta Besar RI & Keluarga Besar KBRI Singapura

Semoga lekas sembuh, Dari Duta Besar RI & Keluarga Besar KBRI Singapura” Singkat dan padat.

Ibu Swi Swajaya

Sepertinya ini sama dengan Dubes RI. Sesuai dari tulisan di kiriman Instagram ibu Ani. Urutan 6. Tulisannya, “Kami turut mendoakan agar ibu segera pulih kembali. Dari Ibu Swi Swajaya beserta DWP KBRI Singapura”

Athan Beserta Staf, Atpol RI di Singapura

Isinya, “Kepada yth. Ibu Ani Yudhoyono. Semoga Lekas Sembuh. Salam Hormat. Kantor Athan RI Singapura

Cuma Satu Tulisan Tangan yang Tegak Bersambung

Waktu SD dulu, cara menulis yang pertama kali diajarkan adalah tulisan tangan tegak bersambung. Dalam jenis huruf di komputer (font), jenis huruf itu adalah handwriting. Baru ketika SMA sadar, beberapa teman ada yang menulis di buku catatan mereka dengan jenis huruf Sans Serif. Seperti Calibri atau Open Sans.

Kata ayah saya, generasi sebelum 80-an, mereka yang di kampung belajar menulis huruf tegak bersambung. Pakai buku tulis halus kasar. Mungkin zaman sekarang tulisan tegak bersambung tidak populer lagi.

Dari tujuh tulisan tangan itu, cuma satu yang menggunakan tulisan tegak bersambung. Ucapan dari Deputi PM Singapura. Ucapan kesembuhan dari bapak Jokowi dan ibu Retno, tulisan tangannya hampir sama. Apa mungkin memang kebetulan ditulis oleh orang yang sama? Entahlah.


Topik kedua sebagai Daftar 100 Topik Pertama Bahasawan.