Jenis Paragraf Akademik

Hello Sobat Bahasawan,

Saya ingin bertanya mengenai jenis paragraf akademik. Berikut paragrafnya:

Perkembangan teknologi di era global ini memiliki peran positif dalam mempertahankan eksistensi bahasa Indonesia. Salah satu produk teknologi yang banyak digunakan adalah media sosial. Sebagai negara yang majemuk dengan berbagai bahasa daerah dan dialek, bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan yang memudahkan komunikasi antar budaya apalagi dibantu dengan media sosial. Berkat media sosial, tidak ada sekat lagi antarbudaya dan dengan begitu bahasa Indonesia akan terus lestari. Perkembangan teknologi telah merambah ke berbagai sektor, salah satunya adalah ke dunia media. Para aktor media seperti pembuat konten, jurnalis, dan pejabat setempat bisa menjadi teladan dengan menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah yang baik dan benar di tiap kontennya. Konten-konten mereka semakin mudah diakses di berbagai platform digital seperti Youtube dan Instagram sehingga pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia akan selalu diupayakan. Peran teknologi selanjutnya adalah mudahnya distribusi karya sastra dari luar negeri dalam bahasa Indonesia. Orang Indonesia dapat menikmati karya sastra luar yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia sehingga kita lebih mudah memahami isi karya itu. Karya sastra itu bisa berupa buku dan film. Peran terakhir berfokus pada kemudahan untuk belajar bahasa Indonesia karena kemunculan aplikasi di gawai kita. Dahulu, kita harus membeli atau meminjam KBBI yang sangat merepotkan, tetapi sekarang sudah ada KBBI daring yang dapat diakses dari gawai manapun. Selain itu, ada aplikasi PUEBI untuk mengetahui aturan penggunaan bahasa Indonesia yang benar. Bagi orang luar yang mau belajar bahasa Indonesia akan dimudahkan oleh perkembangan teknologi. Sekarang, sudah banyak aplikasi belajar bahasa di gawai kita yang dikemas dalam aplikasi yang interaktif dan menyenangkan. Berdasarkan beberapa poin yang telah disampaikan, kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi dapat berperan positif dalam mempertahankan eksistensi bahasa Indonesia jika warga Indonesia memanfaatkannya dengan bijak.

Tentukan:
a.Pola penalaran: paragraf deduktif. Kalimat topik yang merupakan kalimat utama berada di depan diikuti dengan kalimat penjelas
b.Gaya ekspresi/pengungkapan: (saya bingung apakah paragraf ini masuk argumentatif atau eksposisi?)
c.Metode pengembangan:(saya bingung apakah metodenya paragraf contoh/generalisasi/lainnya?)

Untuk bagian pertanyaan ini saya jawab setahu saya. Apakah ada yang bisa memberikan pencerahan untuk saya? Terima kasih.

Ini pertanyaan kok susah amat yak. :laughing:

Biar gak kena PHP (Pemberi Harapan Palsu) di Bahasawan, Bahasawan anggota aktifnya masih sedikit. Sejauh ini sobat Bahasawan yang aktif muncul, hanya hitungan jari. Gak sampai 10 orang. Paling juga lima orang.

Jadi jangan heran kalau yang berusaha jawab, orangnya itu-itu lagi. :point_up: :grin:

Setelah mempelajari mengenai dunia paragraf, baru tahu juga kalau paragraf itu ada banyak jenisnya. :sweat_smile:

Gaya Ekspresi/Pengungkapan

Berdasarkan http://akses-ilmu.blogspot.com/2012/03/contoh-paragraf-narasi-deskripsi.html:

Paragraf argumentasi
Mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta.

Paragraf Eksposisi
Menjelaskan atau memaparkan tentang sesuatu dengan tujuan memberi informasi (menambah wawasan).

Saya pilih paragraf argumentasi. Soalnya di tengah paragraf banyak contoh untuk mendukung pendapat dia di awal paragraf.

Metode Pengembangan

Karena banyak contoh, jadinya metode paragraf contoh.

Untuk bagian a, sudah dijawab sendiri ya.


Mungkin kalau besok bikin topik lagi, yang coba jawab pertanyaanya, saya lagi. :grin:

Wah terima kasih ya kak Ridha…
Jadi penasaran nih Kakak apa adminnya forum bahasawan ya hehehe

Lah emang belum pernah buka menu utama di pojok kanan atas? Kan ada tuh Profil Bahasawan - bahasawan.id

Boleh dibantu disebarkan, supaya lebih ramai.