Feature: Manfaatkan Sampah untuk Melawan Covid-19

Oleh : Andika T. Saputra
Kudus, 15 Juni 2020

IMG-20200613-WA0094
Serah terima bantuan di Pos Terpadu pada tanggal 1 Mei 2020
(Sumber: dokumentasi komunitas kresek)

KUDUS - Semenjak wabah covid-19 menjajah, terbatasnya berbagai aktivitas sehari-hari menjadi masalah yang harus segera diselesaikan masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Usaha melawan covid-19 yang diterapkan Pemerintah dan kerja sama dengan deretan pasukan medis masih belum cukup untuk memukul mundur covid-19.

Beberapa komunitas-komunitas yang ada di Kabupaten Kudus ikut bergerak dalam melawan covid-19. Salah satunya komunitas kresek, komunitas ini merupakan komunitas yang bergerak di bidang kebersihan lingkungan. Komunitas Kresek turut serta memberi uluran tangan dalam usaha melawan covid-19 berupa pembagian sembako dan APD kepada rumah sakit yang membutuhkan.

Menurut Rafika (21) sebagai seorang pemudi senior di komunitas kresek, mengatakan, pada tanggal 30 dan 31 Maret kemarin, dari komunitas kami sendiri mengadakan pengumpulan donasi sampah (plastik, elektronik, dan barang bekas). Kemudian sampah tersebut kami uangkan dan hasil itu kami gunakan untuk membeli APD. Selanjutnya kami bagikan ke beberapa Rumah Sakit, Puskesmas, dan Pos terpadu Covid-19.

“Kami siap membantu upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi covid-19 ini di Kabupaten Kudus. Alhamdulillah Kami juga senang sebagai komunitas yang khususnya bergerak di kebersihan lingkungan, dapat membantu dalam melawan covid-19 melalui cara yang Kami bisa. Semoga usaha kecil yang Kami lakukan dapat menginspirasi banyak orang,” ujar Rafika. (13/6/2020)

Rafika menegaskan, membantu dengan cara kita adalah kalimat yang tepat. Membantu memang tidak selalu dengan melakukan hal yang wah, contoh saja, sebagai kaum rebahan juga bisa membantu upaya pemerintah yakni tetap berdiam diri di rumah yang sesuai aturan dirumahaja. Hal tersebut bertujuan untuk memperkecil penyebaran covid-19. Dengan begitu warga dapat terbuka hatinya untuk melakukan hal positif yang mereka bisa, berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan keadaan pulih seperti sedia kala.

24 Likes

waww keren tulisannyaa bermanfaattt

2 Likes

Mantap. Terimakasih sudah memberi informasi yang sedang terjadi di luar untuk kaum rebahan

1 Like

Membantu dengan cara kita. Okee, kaum rebahan siap

1 Like