Feature: Kemanakah Ratusan APD?

Oleh: Fela Novika Hidayati
Pati, 6 Mei 2020

Alat kesehatan yang ditunggu-tunggu oleh tenaga medis: 250 APD disiapkan untuk tenaga medis di wilayah Pati. Tim kesehatan mulai panik, karena belum mendapat perlengkapan yang memadai sebagai perlindungan diri. Bantuan APD ini sebagai bentuk dukungan dan support kepada tim medis khususnya di tingkat puskesmas, karena menjadi garda depan melawan virus corona di wilayah Pati.

Screenshot_20200506_143314
Penyerahan APD di Puskesmas

Sejak tanggal 5-6 Mei 2020, salah satu anggota DPR Jawa Tengah bernama Endro Dwi Cahyono melakukan pembagian APD di beberapa puskesmas di wilayah pati. Puskesmas yang diberi bantuan adalah puskesmas yang tercatat terdapat warganya yang merantau dan akan mudik (dalam jumlah besar). Perantau yang pulang ke wilayah Pati diwajibkan untuk memeriksa dirinya di puskesmas terdekat.
Kecamatan yang di beri APD adalah kecamatan yang tercatat jumlah warganya yang mudik lebih banyak dari kecamatan lain. Hal ini dilakukan karena terbatasnya jumlah APD yang akan dibagikan. Beberapa Puskesmas yang mendapatkan APD adalah Puskesmas Gabus 2, Puskesmas Winong, Puskesmas Njaken, Puskesmas Juwana dan terakhir Puskesmas Wedarijaksa.
Endro juga mengimbau kepada para tim medis agar menjaga kesehatannya dan selalu waspada. Hal ini mengingat tugas tim medis yang sangat berat dan berisiko terhadap penyebaran virus yang sedang melanda seluruh dunia.
“Harapan saya para medis yang ada di puskesmas ini tetap jaga kesehatan, gunakan waktu luang untuk istirahat, jangan lupa olahraga, dan makan makanan yang bergizi,” ujar Endro.
Sebelumnya Endro bersama timnya juga membagikan masker ke berbagai wilayah di Kabupaten Pati, setelah itu Endro juga membagikan telur dan juga sembako kepada masyarakat yang kurang mampu.
Disaat musibah seperti ini setiap orang memiliki pendapat dan pemikiran sendiri-sendiri tentang membantu sesama, meskipun mereka mampu untuk membantu tidak semua orang akan melakukannya.
Endro berharap agar masyarakat yang ada di Pati ikut membantu mencukupi kebutuhan APD untuk tim medis sebagai garda depan yang menghadapi virus Corona di tengah masyarakat Pati. Siapa lagi yang akan membantu masyarakat kalau bukan kita yang peduli dengan mereka.

30 Likes

Benar sekali… siapa lagi kalo bukan kita yang peduli