Cara Belajar Berbicara Dalam Bahasa Inggris Versi Stephen Fry di BBC Radio 2

Hari ini tembus juga lima topik untuk satu hari. Topik keempat mengenai hasil riset kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia, cukup melelahkan.

Topik ini masih sama, masih di kategori bahasa Inggris.

Cara belajar berbicara dalam bahasa Inggris cuma satu. Bicaralah.

Itu adalah kesimpulan singkat video Stephen Fry di BBC Radio 2 yang judulnya “What Makes Us Human”, Alasan Kita Disebut Manusia.


Tautan video di youtube di https://www.youtube.com/watch?v=APSGYIuOu9k. Durasi 4 menit 37 detik.

Saya sendiri tidak paham keseluruhan isi video tersebut. Banyak sekali kosa kata yang tidak dipahami. Bagi sebagian orang, mungkin ucapan pak Stephen Fry enak sekali didengar. Aksen british kental sekali. Benar-benar cara bicara orang Inggris asli atau native speaker.

Prinsip Belajar Semua Bahasa Asing (dan Bahasa Daerah)

Video itu membahas soal bahasa atau language. Seperti judul awalnya. Memang bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Tapi prinsip yang disampaikan, berlaku di semua bahasa mana saja. Bahkan, berlaku juga untuk bahasa daerah Indonesia.

Cara%20Belajar%20Berbicara%20Dalam%20Bahasa%20Inggris%20Versi%20Stephen%20Fry%20BBC%20Radio%20What%20Makes%20Us%20Human

Isi Video Eyang Stephen Fry

Prinsipnya cuma satu, bicaralah. Bahasa itu kita yang membuat, manusia. Memang bahasa itu adalah keturunan orang tua, keturunan kakek moyang. Tapi kita semua adalah bagian dari proses bahasa itu.

Kita tidak perlu takut untuk berbicara. Berbicara bahasa Inggris misalnya. Jangan takut salah aksen bicaranya.

Bahkan sepertinya dalam video itu, ada sedikit menyinggung soal gramatika. Kalau yang saya tangkap seklas, bisa saja gramatika bahasa diabaikan.

Cukup banyak argumen yang disampaikan. Supaya setiap orang tidak takut berbicara sesuai gaya masing-masing.

Memang kalau dilihat perkembangannya, bahasa Inggris sendiri sudah terbagi-terbagi. Paling terkenal ya, bahasa Inggris-Inggris dan bahasa Inggris-Amerika. Belum lagi logat bicara bahasa Inggris dari India. Belum lagi ada “Singlish”, Singaporean English.

Jadi, kalau ingin tahu cara belajar berbicara dalam bahasa Inggris, bicaralah. Jangan takut salah. Maksudnya, tidak perlu memaksakan aksen bicara seperti penutur jati bahasa Inggris.

Video versi Facebook bisa dilihat di https://www.facebook.com/watch/?v=506719526771786

Jika ada penerjemah yang mampu menerjemahkan isi video tersebut ke dalam bahasa Indonesia, maka bisa dipastikan kalau penerjemah bahasa itu adalah penerjemah yang piawai membangun kata-kata.