Bersih Desa Kampung Ngaglik

Rabu , 28 Oktober 2020

Oleh: Novfel Purnama Sari

WhatsApp Image 2020-10-23 at 14.36.41
Ilustrasi: Wayangan.

Surakarta- Bersih desa kampung Ngaglik Wonowoso kembali diadakan tahun ini, acara adat ini memang seringkali menyedot perhatian masyarakat sekitar karena perayaannya yang terbilang sangat meriah. Acara ini diadakan satu tahun sekali setiap bulan besar pada perhitungan kalender Jawa dengan mengadakan beberapa kegiatan seperti membersihkan kampung, membuat tumpeng sebagai sesajen dan tidak lupa untuk mengadakan pentas wayang kulit. Hal ini harus rutin dilakukan untuk menolak bala, karena menurut warga sekitar ada kisah dibalik diadakannya kegiatan bersih desa ini.

“Bersih desa ini diadakan menjelang bulan besar pada hari Jum’at Wage.” Begitu kata Sulastri yang seorang warga setempat.

Masyarakat sekitar pun sangat antusias dalam menyambut kegiatan bersih desa ini karena mereka dapat berkumpul bersama setelah sibuk mengurus pekerjaan masing-masing. Kegiatan ini juga sebenarnya bertujuan untuk membangkitkan kembali guyub rukun antarwarga.

“Konon katanya kalau bersih desa setiap tahun ini ditiadakan, kampung ini akan mendapatkan bencana penyakit. Makannya diadakan terus setiap tahun sekali.” Lanjut Sutarno yang juga seorang warga sekitar.

Menurut warga sekitar kegiatan yang paling dinanti ialah saat pentas wayang kulit. Wayang kulit ini diadakan semalam suntuk dan berhasil menarik animo masyarakat sekitar terutama masyarakat lanjut usia yang sangat menyukai wayang. Anak kecil pun turut bahagia karena dapat berjumpa dengan kawan sebayanya.

Bersih desa ini tidak hanya menjadi adat warga sekitar namun, juga dapat menjadi kegiatan yang mampu mengobarkan semangat gotong royong, guyub rukun, dan juga rasa persatuan antarmasyarakat.

1 Like