Bahasa Daerah di Bali Ada Lima Bahasa

Berdasarkan Kemendikbud, Pulau Bali memiliki lima bahasa daerah. Bahasa Daerah yang dimiliki Provinsi Bali adalah:

  1. Bali
  2. Jawa
  3. Madura
  4. Melayu
  5. Sasak Bali

Jika ingat Bali, pastinya ingat pantai dan Pulau Seribu Pura. Sebutan lain yang populer adalah Pulau Dewata. Termasuk sebagai tujuan wisatawan lokal dan internasional. Sudah terkenal dari dulu.

Mari coba bahasa satu per satu bahasa daerah di Provinsi Bali satu per satu secara singkat.

Bahasa Bali

Bahasa Bali bisa dibilang bahasa daerah asli Pulau Bali. Bahasa yang berasal dari Provinsi Bali. Selain ada di Pulau Bali, bahasa daerah Bali ini juga menyebar ke daerah sekitar pulau Bali, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur. Bahkan Bahasa Bali juga ada di Provinsi Lampung dan menyeberang hingga Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Tengah.

Dialek Bahasa Bali ada dua jenis, dialek Bali Aga/Bali Mula dan dialek Bali dataran.

Dialek Bali Aga

Bahasa Bali dialek Aga artinya Bahasa Bali yang dituturkan oleh masyarakat Bali yang ada di dataran tinggi Pulau Bali.

Dialek Bali Dataran

Sedangkan Bahasa Bali dialek Dataran sebaliknya. Penuturnya adalah penduduk Bali yang berada di dataran rendah Pulau Dewata. Kota Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali menggunakan dialek Bali Dataran.

Bahasa Jawa

Karena dekat dengan pulau terpadat di Indonesia, jelas sekali Bahasa Jawa sangat memengaruhi bahasa di Bali. Kabupaten Buleleng adalah salah satu tempat Bahasa Jawa dituturkan. Antara Bahasa Jawa bali dengan Bahasa Jawa di Pulau jawa perbedaannya sampai 51%. Terlebih dengan dialek Bahasa Jawa Solo-Yogya.

Bahasa Madura

Pulau Madura adalah bagian Provinsi Jawa Timur. Letaknya juga tidak jauh dari Pulau Bali. Tidak heran kalau bahasa Madura menjadi bagian bahasa daerah Bali. Penutur bahasa Madura di Bali ada di Kabupaten Buleleng.

Bahasa Melayu

Istilah bahasa daerah melayu yang tepat untuk pulau Bali adalah bahasa Melayu Loloan. Penutur bahasa Melayu Loloan di Bali ada di kecematan Loloan Barat, Kabupaten Jembrana.

Bahasa Sasak

Pulau Bali tidak jauh dari Pulau Lombok. Tidak heran bahasa Sasak menjadi bagian bahasa daerah Bali. Menariknya, ada dua dialek bahasa Sasak di Bali, dialek Bukit Tabuan dan dialek Celukan Bawang.

Sumber: Peta Bahasa Kemendikbud http://petabahasa.kemdikbud.go.id/provinsi.php?idp=Bali#67