bahasawan.id

Bahasawan adalah ruang diskusi atau forum bahasa daring

Bahasawan dibangun dengan semangat karena mencintai bahasa dan asas manfaat. Ruang diskusi ini dibangun karena semangat Sumpah Pemuda 1928. Salah satu isinya adalah “Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan.” Komunitas ini sifatnya bebas dan terbuka. Siapa saja boleh bergabung, tidak harus dari kalangan orang bahasa, dan memberi kontribusi yang bermanfaat. Daftar Bahasawan, gratis. Selamanya!

Tidak harus orang bahasa jika ingin bergabung di sini. Siapa saja boleh bergabung.

Isi Bahasawan

Secara umum, ada dua jenis tempat yang bisa dipakai, ruang diskusi dan tempat mengajukan pertanyaan. Ruang diskusi berlaku di semua kategori dan tempat mengajukan pertanyaan ada di kategori Tanya Bahasawan. Ada juga ruang diskusi tertutup yang hanya bisa terlihat oleh mereka yang terdaftar dan masuk ke akun Bahasawan.

Katakan yang Baik atau Diam

Itu adalah pedoman singkat bagaimana cara berkomunikasi dan diskusi di dunia maya era milenial. Tidak ada kata pertam4x, bookmak, mantap g4n, dsb atau komentar singkat yang tidak menambah informasi dan kualitas diskusi yang baik. Jika topik yang diangkat dirasa bermanfaat, cukup tekan :heart: yang tersedia di setiap kiriman, komentar dan topik awal.

Hindari Perdebatan

Tinggalkan diskusi itu jika memang tidak bermanfaat. Pilih ‘Abaikan’ sehingga topik itu tidak akan muncul lagi di lini masa terbaru Bahasawan.

Benci Sesuatu? Laporkan!

Ada tombol :black_flag: yang tersedia di setiap komentar atau awal topik. Gunakan tombol itu. Laporan yang masuk akan segera diproses oleh Administrator bahasawan (Abdi).

Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing

Itu adalah semangat cita-cita membangun Bahasawan. Utamakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gunakan bahasa daerah sesuai kategori yang sudah ada. Pakailah bahasa daerah tersebut sebagai bentuk usaha melestarikan salah satu unsur kekayaan Indonesia agar tidak cepat punah. Penggunaan bahasa asing sebaiknya dipakai di kategori bahasa asing.

Standar Peraturan atau Tata Tertib

Sama halnya ketika menggunakan ragam media sosial yang ada. Ingat, tata cara merangkai kata akan menggambarkan siapa diri kita dan harapan kita. Beradablah!

Jika keberatan dengan kebijakan layanan dan privasi Bahasawan, tinggalkan Bahasawan atau hubungi administrator untuk mengajukan penghapusan akun agar semua kiriman yang ada dibuat menjadi anonim.

Partisipasi Anggota

Bahasawan sangat mengharapkan partisipasinya. Tanpa adanya bantuan dan dukungan, harapan membangun Bahasawan tidak akan pernah terwujud. Bantu dan dukung Bahasawan dengan membuka diskusi yang bermanfaat dan tanggapan yang berfaedah.

Ketentuan Layanan

Tidak semua pengguna membaca ketentuan berbagai layanan yang ada di dunia maya. Bahasawan juga ada Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi. Dengan menggunakan Bahasawan, artinya setuju dengan ketentuan dan privasi Bahasawan termasuk perubahan dan pembaruannya.

Tentu saja Bahasawan tidak sempurna dan memiliki kekurangan. Jika menemukan hal yang tidak berkenan atau ada hanya ingin sekadar menyapa, kontak.bahasawan.id atau Abdi Kemari.

Salam
@ridha
Abdi Bahasawan

Abdi: Administrator Bahasawan
SSD: Soal yang Sering Ditanyakan

Penjelasannya masih kurang? Langsung saja buka akun atau lihat Kenapa Bahasawan Dibuat?