Koleksi 8 Buku Bahasa Indonesia Rujukan Dari Badan Bahasa (Kamus, Peubi, Tesaurus, Teori Kata, Kalimat, Istilah, Paragraf)

Setelah lama tidak buat topik baru lagi di Bahasawan, akhirnya bisa juga hari ini. Koleksi 8 buku digital atau buku elektronik (BukuE) atau ebook gratis diunduh (download). Unduhnya juga mudah. Semuanya tersimpan di Google Drive dan dibagikan seseorang yang baik hati, om ivan lanin.

Sebelum ini, rasanya sudah pernah melihat tautan tempat unduhan ini. Mungkin sudah pernah diunduh juga ebook ini. Cuma lupa disimpan di komputer bagian mana dan waktu itu juga entah dimana tautan ini disimpan. Mangkanya dibagikan ulang di sini. Jadi mudah dicari nanti.

Buku Teori Bahasa Indonesia

Koleksi buku elektronik ini bisa dibilang merupakan teori bahasa Indonesia. Mulai dari ejaan, kata, kalimat, paragraf, dan istilah. Memang ada banyak buku teori bahasa Indonesia selain ini. Namun setidaknya, ebook ini bisa dijadikan referensi.

  1. EJAAN: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Sriyanto (2014). Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
  2. BENTUK DAN PILIHAN KATA: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Drs. Mustakim, M.Hum (2014). Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
  3. KALIMAT: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Sry Satriya Tjatur Wisnu Sasangka (2014). Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
  4. PARAGRAF: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Suladi (2014). Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
  5. TATA ISTILAH: Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia. Meity Taqdir Qodratillah (2016). Pusat Pembinaan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
  6. PEUBI 2016
  7. KBBI Edisi IV 2008
  8. Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Depdiknas Edisi Pertama 2008

Untuk KBBI dan PEUBI, kebetulan sudah ada topiknya di sini. Jadi ini hanya menambah tempat alternatif untuk mengunduh koleksi buku elektronik mengenai bahasa Indonesia. Tesaurus bahasa Indonesia yang belum ada topik tersendiri.

Buat saya, KBBI, PEUBI, dan Tesaurus itu adalah alat ketika menerjemah. Sedangkan sisanya, 1-5 tampaknya cocok dijadikan pedoman ketika menulis.

Unduh Di Sini

https://drive.google.com/drive/folders/0B2RJ4tG4sxtvaVJYTEpFWHNRdGM

Ukuran total 8 buku ini adalah 18,5MB. Sekali lagi terima kasih buat om ivan yang sudah menyediakan buku-buku penting ini. Memang ada banyak tempat alternatif, tapi setidaknya tempat koleksi 8 buku rujukan Badan Bahasa sangat membantu sekali.

Wajib Dimiliki Bagi yang Cinta Bahasa Indonesia

Koleksi buku ini wajib dimiliki buat mereka yang benar-benar cinta dengan bahasa Indonesia. Tidak sebatas penerjemah atau penulis saja. Tentu kita semua saat menulis status di media sosial, perlu pengetahuan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Nah delapan koleksi buku ini perlu disimpan sebagai koleksi yang suatu waktu mungkin sangat diperlukan sekali.

:information_source: Mohon beritau jika suatu waktu tautannya tidak bisa diakses.