Kesalahan Penyusunan Kalimat dan Paragraf Era Multimedia

Berikut ada dua bagian yang ingin saya tanyakan. Satu berupa kalimat, satu berupa paragraf. Dari analisis Anda, manakah kesalahan ejaan dan pemilihan kata di tiap bagian? Tolong disertakan revisinya. Terima kasih

  1. Soal 1: Standarisasi Rumah Sakit bersalin dipenuhi dengan baik sebagai ketentuan utama.
    Menurut saya yang salah ada di ejaan “standarisasi” dan penulisan “Rumah Sakit bersalin” yang seharusnya huruf kecil karena bukan nama diri/menunjukkan nama suatu instansi rumah sakit. Kemudian kalimat itu tidak jelas siapa yang memenuhi. Seharusnya ada subjeknya siapa yang melakukan tindakan itu. Berikut contoh yang saya dapat di PUEBI.
    image
    Jadi menurut saya jawabannya: Pihak Rumah Sakit Ibu dan Anak memenuhi standardisasi rumah sakit bersalin dengan baik sebagai ketentuan utama.

  2. Soal 2: (tulisan yang saya highlight adalah yang saya pikir salah)
    Era Multi Media

Kalau menurut saya kesalahannya adalah:

  1. penulisan multi media yang seharusnya disambung,
  2. di tengah-tengah tidak efektif dan tidak perlu pengulangan,
  3. penulisan para di awal kalimat tidak efektif dan harus menggunakan huruf kapital,
  4. ke emasan seharusnya disambung
  5. “bagi” tidak boleh digunakan di awal kalimat dan seorang juga tidak harus dimasukkan
  6. “Hal” seharusnya huruf kecil
  7. “Tetapi” tidak digunakan untuk konjungsi antarkalimat.

Saya rasa itu kesalahan yang saya temukan. Namun, kata pemberi soal paragraf ini juga harus dicek kohesi dan koherensinya. Apakah ada yang menemukan kesalahan lain? Terima kasih.

Soal 1

Standarisasi Rumah Sakit bersalin dipenuhi dengan baik sebagai ketentuan utama.

Jawaban

Jawabab versi saya:
Standardisasi rumah sakit bersalin sudah/telah dipenuhi dengan baik sebagai ketentuan utama.

Standardisasi, bukan Standarisasi

Kaya baku yang benar dari standarisasi adalah standardisasi. Bisa dicek di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/standardisasi

Setuju dengan rumah sakit, r dan s huruf kecil.

Kalau ini sudah mengubah struktur kalimat. Pasif ke aktif. Tentu saja subjek akan diketahui di kalimat sebelumnya. Sedangkan tugasnya hanya mencari kesalahan ejaan dan pemilihan kata.

Telah/Sudah

Sengaja ditambahkan kata telah/sudah, supaya lebih enak dipahami. Tidak ditambahkan juga, tidak apa-apa.

Soal 2

Analisislah kesalahan penggunaan kalimat dan ejaan pada paragraf berikut, kemudian koreksi menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar! (Bobot: 25%)

Era Multi Media

Perkembangan teknologi informasi di era multimedia mempermudah pelaku bisnis hadir lebih dekat ditengah-tengah konsumen, para pengamat manajemen menganggap tahun 2011 sebagai era multi media dan awal dari era ke emasan teknologi informasi harus disikapi oleh perusahaan sebagai momentum untuk mentransformasi dirinya menjadi perusahaan berbasis multi media. Oleh sebab itu, bagi seorang pelaku bisnis kini dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan segala saluran informasi untuk menyapa konsumennya. Artinya, penguasaan teknologi informasi mutlak diperlukan agar perusahaan dapat mengambil kesempatan emas lebih maksimal. Selain itu, Hal yang perlu dicermati, di era multi media ini ialah teknologi bukan hanya sebagai media penyebar informasi. Tetapi juga digunakan untuk memberikan pengalaman yang baik dalam meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen.

Jawaban

Jawaban versi saya.


Era Multimedia

Perkembangan teknologi informasi di era multimedia mempermudah pelaku bisnis hadir lebih dekat di tengah-tengah konsumen. Para pengamat manajemen menganggap tahun 2011 sebagai era multimedia dan awal dari era keemasan. Teknologi informasi harus disikapi oleh perusahaan sebagai momentum untuk mentransformasi dirinya menjadi perusahaan berbasis multimedia. Oleh sebab itu, bagi seorang pelaku bisnis kini dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan segala saluran informasi untuk menyapa konsumennya. Artinya, penguasaan teknologi informasi mutlak diperlukan agar perusahaan dapat mengambil kesempatan emas lebih maksimal. Selain itu, hal yang perlu dicermati di era multimedia ini, ialah teknologi bukan hanya sebagai media penyebar informasi. Akan tetapi, teknologi juga digunakan untuk memberikan pengalaman yang baik dalam meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen.


Mungkin jawaban saya bisa salah. Jawaban yang benar hanya diketahui oleh sang pembuat soal. :sweat_smile:

Terima kasih atas tanggapannya. Soal nomor satu sudah saya pahami, tetapi nomor dua saya agak masih kurang sreg.
Oya untuk nomor dua apakah secara paragraf sudah kohesif dan koheren? Sekilas saya baca antar kalimat kurang terlihat keterkaitan dan ada pengulangan yang jelas.

Saya mau tanya sebenarnya apa yang menjadi alasan penghapusan “ialah” di sini? Bukannya ialah merupakan penghubung di antara dua penggal kalimat yang menegaskan perincian atau penjelasan atas penggalan kalimat yang pertama itu.
Contoh : yang perlu dikerjakan sekorang ialah membawa korban ke rumah sakit

Menurut saya kalimat itu bisa digabung dengan kalimat berikutnya karena belum selesai informasinya. Kalau yang saya tangkap: Hal yang perlu dicermati di era multimedia ini ialah teknologi bukan hanya sebagai media penyebar informasi, melainkan juga digunakan untuk memberikan pengalaman yang baik dalam meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen.

Konjungsi “selain itu” saya rasa kurang efektif dan menjadi rancu karena setahu saya dalam satu kalimat tidak boleh lebih dari satu konjungsi kecuali konjungsi korelatif. Ini menurut yang saya tahu, apakah ada yang kurang tepat mohon direvisi :slight_smile:

Terima kasih

1 Like

Kata ialah dihapus karena terlalu boros.

Untuk soal seperti ini, rasanya terlalu dalam analisisnya.

Paling mudah, dilihat dulu soal dan materi pelajarannya. Termasuk contoh cara menjawab soalnya dan pertanyaan ini ditujukan untuk tingkat apa, sekolah atau umum.

Pendapat saya bisa saja salah. Mungkin suatu saat ada sobat bahasawan lain yang tertarik membahas soal ini.

Ini untuk soal kuliah mata kuliah Bahasa Indonesia hehe.
Terima kasih atas jawabannya Kak Ridha :slight_smile:

1 Like

Sama-sama.

Dikira, ini soal untuk anak sekolahan kelas internasional.

Kalau begitu bisa dilihat materi pelajarannya, apakah ada bahas soal konjugasi. Kalau memang ada, mungkin bisa dipakai analisis konjugasi di soal ini.

Kalau untuk mata kuliah bahasa Indonesia, berarti maba dong, mahasiswa baru. :face_with_hand_over_mouth:

Kalau memang bahasawan.id ini dirasa bagus, boleh dibagiin ke teman-temannya. Biar rame. Jadi balas-balasannya gak berdua aja.

Sekalian minta izin tambah judul topiknya. Biar lebih jelas.