Hal Penting yang Perlu Dilakukan Saat Baru Mendaftar di Bahasawan

Terima kasih sudah mendaftar dan bergabung dengan bahasawan.id. :wave:

Ini adalah ucapan selamat datang sekaligus petunjuk hal-hal yang sebaiknya dilakukan pada saat pertama kali sudah bergabung di Bahasawan. :handshake:

:information_source: topik ini akan terus diperbarui

Saat membaca ini, Bahasawan sedang membutuhkan dukungan agar bisa berdiri dan bertahan sebagai komunitas daring yang mencintai bahasa. Pembangunan akan terus berlangsung dengan semangat saling berbagi manfaat dengan cara saling asah-saling asuh-saling asih.

Kenali Bahasawan

  1. Profil singkat Bahasawan ada di sini.
  2. Tata tertib ada di sini.
  3. Jika tertarik dengan ketentuan layanan bisa langsung ke sini. Termasuk soal privasi.

Beri Tanda Bintang :star: Surel Bahasawan

Pada saat berhasil menerima surat elektronik verifikasi, bantu tandai surel tersebut sebagai surel yang penting atau beri tanda :star:. Tujuannya, agar sistem pemberitahuan surel Bahasawan yang akan datang tidak dianggap sebagai surel yang mencurigai (spam).

beri-tanda-bintang-bahasawan-surel-yahoo
Contoh beri tanda bintang di surel Yahoo.

Ada baiknya pula, masukkan pak@pos.bahasawan.id ke daftar buku alamat surel (address book).

-kanan
Contoh cara beri tanda bintang di surel Gmail.

Berlatih Menulis Sambil Bermain Dengan Robot Bahasawan

Pada saat pertama kali masuk, ada sambutan Salam dari :robot: khusus kami. Ada surat masuk di akun Bahasawan dari sistem kami :robot: . Cobalah ikuti apa yang disampaikan robot bahasawan tersebut, sembari melatih bagaimana cara menulis menggunakan editor teks bahasawan pada saat akan membuat topik baru atau membalas komentar.

contoh-salam-akun-baru-robot-bahasawan
Contoh pemberitahuan ada surel masuk dari Robot Bahasawan.

Tempat Bertanya Ada Di Sini

Jika ingin mengajukan pertanyaan yang memang memerlukan jawaban, gunakan kategori khusus Tanya Bahasawan. Pilih salah satu jawaban :white_check_mark: jika ada jawaban yang kira-kira sesuai dengan pertanyaan Sobat.

Tempat Kenalan Ada di Salam Kenal

Ingin memperkenalkan diri atau saling mengenali satu sama lain? Buka topik di #rudal:salam.

Bahasa Daerah Ada Di Sini

Takut dan sedih kalau bahasa daerahnya hilang, punah begitu saja tanpa ada dokumentasi tertulis apalagi lisan? Pakai bahasa daerah Indonesia di kategori Bahasa Daerah. Pilih sesuai daerahnya masing-masing.

Istilah Sobat Bahasawan atau Sob

Bahasawan menggunakan panggilan ‘Sobat’ atau ‘Sob’ sebagai ganti kata Anda. Istilah itu diambil dari kata ‘Sahabat’. Baik untuk pria atau wanita. Koleksi lain, bisa dilihat di Istilah yang dipakai di Bahasawan.

Tiga Hari: Periode Mengganti Nama Akun

Mungkin ada kesalahan nama pengguna (@username atau bahasawan.id/u/username) pada saat membuat akun di Bahasawan. Jika berubah pikiran, sobat punya waktu tiga hari mengganti nama akun tersebut sejak pertama kali mendaftar dan membuka akun di sini.

Akun Tidak Aktif Akan Terhapus

Apabila dari awal akun sama sekali tidak pernah berinteraksi, seperti berkomentar atau membuat topik baru dalam periode tertentu secara berturut, maka akun tersebut akan dihapus secara otomatis oleh sistem. Untuk sementara ini, periodenya adalah 4 tahun. Rencananya akan dipersingkat menjadi 1 tahun atau 365 hari.

Sambutan Langsung Untuk 100 Anggota Pertama

Betul sekali. Bahasawan sangat rentan mati. Sebagai bentuk apresiasi, akan ada sambutan khusus :point_up: di kotak surat Sobat yang sekaligus menyampaikan informasi topik ini.

Bukan Tulisan Latin? No Problem.

Ingin menulis العربية, 柑, 日本語, atau menggunakan sistem bacaan dari kanan ke kiri? Bisa. Manfaatkan kategori Bahasa Asing. Khusus untuk aksara Indonesia, masih dalam tahap riset uji coba.

Butuh Bantuan? kontak.bahasawan.id

Bingung dan ragu bagaimana cara membuka topik baru? Ingin menyampaikan masukan dan kritik? Jumpa salah ketik teks sistem dalam bahasa Indonesia? Langsung saja hubungi pelayan atau Abdi Bahasawan (Administrator). Bisa juga buka topik di Abdi Kemari.

Dukung Bahasawan

Ada banyak pendukung yang sudah disiapkan.

  1. Halaman Penggemar Facebook Bahasawan
  2. Grup Facebook Bahasawan
  3. Twitter Bahasawan
  4. Instagram Bahasawan

Masih banyak lagi. Namun hal yang terpenting, buatlah topik yang kira-kira ada manfaatnya. Pastikan saat membuat komentar atau membalas komentar, pastikan hal yang disampaikan itu akan menambah kualitas diskusi dan memberi informasi. Bukan hanya sekadar menulis komentar pendek seperti p3rt4makx, m4ntab g4n, simpan, b0okm4rk, dsb.

Terima kasih sudah bergabung di Bahasawan. :pray:
Semoga bisa menikmati dan merasa nyaman di Bahasawan titik ID. :blush: