Feature: Kerja PNS di Masa Pandemi Covid-19

Feature: Kerja PNS di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Dwinanda Wuri Harsanti
(Kebumen, 17 Mei 2020)

*

*

Sejak ditetapkan work from home oleh pemerintah sebagai upaya untuk memutus rantai persebaran Covid-19, para PNS mulai menyesuaikan diri dengan kebijakan tersebut. Bagi mereka, kebijakan tersebut tidak berlaku 100%. PNS di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kebumen masih harus berangkat secara bergantian untuk melaksanakan piket di kantor.

Salah satu staff Dinas Pemuda Olahraga dan Periwisata bidang Kepemudaan, Moh. Kondi, mengatakan bahwa ia secara rutin berangkat ke kantor setiap dua hari sekali. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran yang ia terima sejak berita covid-19 mulai tersebar. Ketika di kantor, ia hanya melaksanakan piket dari pagi sama seperti ketika bekerja normal hingga sore waktu pulang kantor pada umumnya.

Perihal program kerja tahunan, semua program kerja yang telah disusun dibatalkan karena semua program bersifat fisik dan memerlukan masa dalam jumlah besar. “Tahun ini kami tidak melaksanakan kegiatan apapun.” Tutur Kondi. Oleh karena itu, dapat dikatakan jika pada tahun ini mereka hanya menganggur.

Menurut Kondi, seharusnya mereka mulai menjalankan proker sejak bulan Maret, bersamaan dengan ditetapkannya WFH oleh pemerintah. “Seharusnya kami mengadakan lomba baris berbaris, seleksi paskibra kabupaten dan provinsi, serta mengadakan beberapa pelatihan. Tapi ya mau bagaimana lagi.” Tambah Kondi.

Kegiatan yang dilumpuhkan menyebabkan lebih dari 50% anggaran yang turun dikembalikan. “Saat ini kami hanya memiliki dana 400 juta dari total 1, 3 milyar” lanjut Kondi. Artinya, lebih kurang 900 juta anggaran yang sudah diberkan dikembalikan ke pemerintah. Kini, anggaran dana yang tersedia digunakan selama satu tahun untuk memenuhi kebutuhan ATK. Menurut Kondi, anggaran dana yang dikembalikan dialokasikan ke bidang kesehatan yang saat ini lebih membutuhkan.

48 Likes

Sangat informatif sekali